Ketika anda berwisata ke suatu tempat pasti ada yang kurang jika tidak tahu apa yang khas di daerah tersebut. Sama halnya jika anda liburan ke Bali tetapi tidak mencoba makanan khas yang Bali banget, sangat tidak direkondasikan. Dengan mencicipi makanan khas yang Bali banget, pastinya anda sudah sidikit mengenal keberagaman makanan yang ada di negeri indah ini.

Kuliner atau makanan yang Bali banget memiliki ciri tersendiri yang selalu diracik dengan bumbu rempah-rempah yang kuat. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi yang pas untuk makanan khas yang Bali banget untuk anda.

  1. Ayam Betutu

Kenapa ayam betutu di urutan pertama, karena semua orang sudah mengetahui makanan yang satu ini adalah khas Bali. Tetapi semua orang belum tentu merasakan makanan khas yang Bali banget ini. Bagi anda pencinta masakan pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan! Uniknya, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik. Oh ya, Betutu tidak selalu mengunakan daging ayam, ada juga lho yang menggunakan bebek.

  1. Babi Guling

Untuk makanan khas yang Bali banget satu ini, tidak semua orang bisa memakannya. Karena saudara kita yang Muslim pasti tidak mengkonsumsi makanan yang satu ini. Tetapi untuk kalian yang ingin mencobanya, makanan ini rekomended banget.

Babi Guling memiliki tekstur warna yang kecoklatan sungguh renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang begitu empuk dan kaya rempah-rempah. Uniknya, bumbu basa genep Bali dan sayur daun ketela pohon dimasukan ke dalam perut babi dan diguling di atas bara api. Menu Babi Guling biasanya disajikan dengan nasi putih hangat bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares.

  1. Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur adalah salah satu makanan khas Bali yang paling populer. Bagi penduduk asli Bali, ini adalah menu makanan mereka sehari-hari. Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Makan Nasi Campur bakal lebih nikmat, ketika kalian mencampurnya dengan sambel matah atau sambel embe khas Bali. Menariknya lagi, menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah makan di Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

  1. Nasi Jinggo

Keunikan dari Nasi Jinggo adalah kemasannya bungkus daun pisang dan sambalnya yang super pedas. Tidak ada yang tahu pasti makna dari istilah Jinggo (Jenggo), namun konon berasal dari bahasa Hokkien jeng go yang artinya seribu lima ratus. Memang pada tahun 1997, ketika nasi ini mulai populer, sempat di bandrol dengan harga Rp 1.500, tapi sekarang rata-rata dijual di kisaran Rp 3,000 – Rp 5,000.

  1. Lawar Kuwir

Lawar Kuwir ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran Ayam Betutu, dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang). Biasanya daging entog yang sudah dicincang akan dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali.

Nah itulah 5 Makanan Khas yang Bali Banget rekomendasi dari kami. Semoga bermanfaat dan Selamat liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here