Berita

Jokowi Akan Atur Ulang Pajak IUPK Batu Bara: Langkah Strategis untuk Sektor Energi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat internal di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 02 Juli 2024, untuk membahas penataan ulang pajak Izin Usaha Pertambangan Khusus alias IUPK Batu Bara. Rapat tersebut menjadi momentum strategis dalam mengatur kebijakan terkait industri energi di Indonesia.

Plt Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Suswantono menjelaskan bahwa saat ini pengaturan ulang pajak IUPK Batu Bara sedang dalam tahap kajian intensif bersama dengan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

“Saat ini masih dalam tahap kajian bersama. Kami akan melanjutkan rapat lanjutan pekan depan, termasuk membahas masalah harga batu bara acuan dan merinci nilai kalori bahan bakar fosil tersebut,” kata Bambang Suswantono usai rapat dengan Presiden Jokowi.

Pengaturan ulang pajak ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi sektor pertambangan batu bara di Indonesia. Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya alam yang strategis bagi perekonomian nasional.

Menurut Bambang Suswantono, hasil dari rapat internal ini akan menjadi dasar untuk rapat lanjutan dengan melibatkan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan kesepakatan yang optimal. Pemerintah terus berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna memperkuat industri pertambangan batu bara dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Rapat lanjutan yang direncanakan akan membahas lebih dalam mengenai penyesuaian tarif pajak IUPK Batu Bara sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan industri. Ini diharapkan akan memberikan kepastian hukum dan keuangan bagi para pelaku usaha di sektor ini, serta mendorong investasi yang lebih besar dalam pengembangan infrastruktur energi di Indonesia.

Komitmen Presiden Jokowi dalam mengatur ulang pajak IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus) Batu Bara juga mencerminkan upaya pemerintah untuk menciptakan regulasi yang mendukung investasi dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dalam sektor energi nasional.

Demikian informasi seputar pembaruan IUPK Batu Bara di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Subbali.Com.