Anak usaha PT Astra International Tbk yang bergerak di sektor pertambangan, PT United Tractors Tbk (UNTR) menghadapi tantangan baru dalam aktivitas operasional selama musim hujan. Cuaca ekstrem akibat fenomena La Nina berdampak langsung pada produktivitas di sektor tambang, terutama dalam proses pengangkutan batu bara.

Corporate Secretary UNTR, Sara K Loebis menjelaskan bahwa curah hujan tinggi yang dipicu oleh La Nina menyebabkan kondisi area pertambangan licin dan berlumpur. Hal ini memperlambat pergerakan alat berat yang digunakan di lokasi tambang, menurunkan produktivitas secara keseluruhan.

“Saat musim hujan, area tambang menjadi lebih licin, dan pergerakan alat berat menjadi lebih sulit,” ungkap Sara dalam acara Media Day Astra di Jakarta, Rabu (18/9).

Namun, ada sisi positif dari kondisi cuaca tersebut. Curah hujan tinggi justru memperlancar aliran sungai yang digunakan untuk jalur pengangkutan batu bara dari Kalimantan Tengah ke pesisir Kalimantan Selatan. Jalur pengangkutan batu bara sejauh 400 kilometer (km) melalui sungai tersebut sering kali terganggu saat musim kering, karena permukaan air yang cetek.

“Saat hujan, sungai menjadi lebih dalam, sehingga memudahkan pengangkutan batu bara menggunakan kapal tongkang,” tambah Sara.

Sebagai bentuk antisipasi terhadap tantangan operasional selama musim hujan, perusahaan telah membangun jalan tambang atau hauling road yang memungkinkan truk pengangkut batu bara tetap beroperasi.

Selain itu, alat berat seperti wheel loader dan bulldozer disiagakan untuk membersihkan lumpur di jalur tersebut, memastikan aktivitas transportasi tetap berjalan lancar.

Fenomena La Nina yang diperkirakan akan mempengaruhi curah hujan di Indonesia hingga akhir tahun ini menjadi tantangan tersendiri bagi industri pertambangan.

Namun, dengan langkah-langkah antisipatif yang tepat, sektor ini dapat terus mempertahankan produktivitasnya, terutama dalam aspek penting seperti jalur pengangkutan batu bara.

Demikian informasi seputar jalur pengangkutan batu bara. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Subbali.Com.