Sebanyak 45 orang dari 75 Petugas keamanan PLTU Celukan Bawang kali ini mendapatkan pelatihan dan gemblengan untuk peningkatan keamanan sesuai dengan standar Gada Pratama pengamanan obyek vital nasional.

Pelatihan dan pendidikan yang diselenggarakan oleh PT General Energy Bali dibawah arahan pimpinan PT GEB Haji Abdul Djalil yang bekerjasama dengan Polres Buleleng dan perusahaan jasa pengamanan PT Pesona Cipta Security memang bukan tanpa alasan.

Salah satu instruktur dalam pelatihan, AKBP Hereni yang mewakili Polres Buleleng mengatakan, PLTU merupakan objek vital nasional, sehingga diperlukan keamanan dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat. “Ini juga sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 24 Tahun 2007, mewajibkan setiap anggota security memiliki ijazah dari tingkatan Gada Pratama, Madya, dan Gada Utama,”  ujar beliau.

Dalam pelatihan yang berlangsung di Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak ini, materi pelatihan secara detail mengenai pengetahuan petugas keamanan dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan terbatas maupun keseluruhan di luar dari SOP yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tempat mereka dipekerjakan salah satunya PLTU Celukan Bawang.

Nantinya petugas keamanan yang ikut dalam pelatihan keamanan juga selain mendapatkan ilmu juga akan mendapatkan ijazah sesuai dengan kualifikasi keamanan obyek vital nasional.

Pimpinan PT GEB Haji Abdul Djalil memberikan apresiasi terhadap keseriusan para petugas keamanan yang ikut dalam pelatihan ini. Secara tegas beliau juga menyebutkan bahwa semua karyawan sebenarnya memiliki peranan dalam menjaga keamanan di kawasan PLTU Celukan Bawang. Hal ini dikarenakan jika keamanan terjaga dengan baik maka karyawan akan bisa bekerja dengan nyaman.

Terlebih PLTU Celukan Bawang masuk dalam kategori obyek vital nasional dan merupakan fasilitas untuk masyarakat umum khususnya di Pulau Bali. Hal ini harus dicermati oleh berbagai pihak bahwa hal utama selain menekankan kepada kepentingan produksi juga faktor keamanan yang harus terus dilakukan peningkatan agara kegiatan  di kawasan PLTU Celukan Bawang berjalan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here