PLTA Kayan adalah calon pembangkit listrik terbesar di Indonesia.

PLTA Kayan yang akan dibangun pada tahun 2019 ini sudah dinobatkan sebagai PLTA terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Proses pembangunan PLTA Kayan sendiri melibatkan banyak pihak.

Powerchina, Arsitek PLTA Kayan

Proyek pembangunan PLTA Kayan di Kalimantan Utara akan dilaksanakan oleh PT Kayan Hydro Energy (KHE), dengan bekerjasama dengan Powerchina International Group Limited dari Cina.

Powerchina adalah perusahaan yang telah berpengalaman membangun PLTA terbesar di dunia. Powerchina adalah pembangun dari  PLTA Three Gorges Dam di China yang menghabiskan dana sekitar Rp 250-300 triliun.

China adalah negara yang sangat serius dalam memanfaatkan energi baru dan terbarukan (EBT). PLTA Three Gorges Dam atau Bendungan Tiga Ngarai di China adalah PLTA terbesar di dunia yang terletak di distrik Yiling, Provinsi Hubei.

Tidak tanggung-tanggung Three Gorges Dam memiliki total kapasitas mencapai 22.500 megawatt (MW). Jumlah yang sangat besar tersebut, membuat Three Georges Dam memiliki kapasitas setengah dari total seluruh pembangkit di Indonesia (dengan tafsiran sekitar 53 ribu MW).

Pembangunan Three Georges Dam sendiri berawal dari rencana China mengatasi musibah banjir di Sungai Yangtze. Berdasarkan sejarah banjir di Sungai Yangtze  telah memakan korban jutaan jiwa.

Sungai Kayan (korankaltara.com)

Musibah banjir terbesar yang tercatat dalam sejarah akibat luapan Sungai Yangtze adalah pada 1954, ketika Sungai Yangtze meluap dan menewaskan sekitar 33 ribu orang.

Kendati demikian, pembangunan Bendungan Tiga Ngarai di China mendapatkan protes dan banyak menuai kontroversi. Polemik didatangkan dari berbagai kalangan di penjuru dunia.

pembangunan Bendungan Tiga Ngarai juga sempat dikecam dengan alasan pembangunan bendungan tersebut melanggar hak asasi manusia. Kecaman tersebut muncul lantaran dalam pembangun Three Georges Dam, China harus merelokasi hingga 1,2 juta orang.

Selain itu kecaman dalam pembangunan Three Georges Dam juga muncul dari para ahli geologi. Namun pada akhirnya Three Georges Dam dibangun oleh China pada 1992. Baru pada tahun 2012 Three Gorges Dam dapat beroperasi secara penuh.

PLTA Kayan di Indonesia, target ke depannya  dapat menghasilkan listrik dengan kapasitas 9.000 megawatt. Kapasitas besar tersebut direncanakan akan mensuplai listrik pada kawasan industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here