Bali sedang mengembangkan sektor pariwisata, pariwisata apa yang sedang dikembangkan? Yaitu pariwisata kesehatan. Sudah bukan rahasia lagi kalau Bali merupakan tempat wisata yang populer di Indonesia. Setiap saat turis lokal maupun mancanegara datang pergi ke Bali untuk menghabiskan waktu menikmati keindahan Pulau Dewata.

Terkait hal tersebut Bali juga sedang berbenah memajukan sektor kesehatan untuk menarik lebih banyak turis. Terbukti dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Kementerian Pariwisata dengan Kementerian Kesehatan tahun 2017 lalu tentang wisata kesehatan.

Memang ada wisata kesehatan apa saja sih yang jadi unggulan Bali?

SPA

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo mengatakan bahwa fasilitas layanan spa Bali cukup terkenal hingga luar negeri. Kemenkes berusaha dengan membantu riset-riset ilmiah sehingga khasiat spa Bali terbukti secara ilmiah.

“Kearifan lokal kita yang demikian kaya dan beranekaragam perlu kita angkat ke taraf evidence dan science based dan dilindungi, sehingga spa kebugaran Indonesia dapat berkompetisi secara global dan berkesinambungan di masa yang akan datang,” kata Untung, dikutip dari detikTravel.

YOGA

Siapa yang tidak tahu yoga? Olahraga satu ini populer terutama di Bali di mana pikiran dan fisik dilatih untuk jadi lebih bugar. Menurut beberapa praktisi yoga bahkan sudah masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah formal.

Juni 2018 lalu Bali terpilih menjadi tuan rumah untuk acara Yoga Internasional dengan peserta mencapai sekitar 1.200 orang.

OLAHRAGA AIR

Terkenal sebagai pulau yang dikelilingi pantai indah, sudah tidak heran kalau berbagai macam wisata olahraga air dikembangkan di Bali. Mulai dari berenang, diving, hingga selancar bisa ditemukan dengan mudah di pantai-pantai Bali.

MEDITASI

Wisata kesehatan lain di Bali adalah berbagai kelas meditasi. Karena tempatnya yang asri, Bali dinilai cocok mengembangkan wisata meditasi yang umum dipakai untuk mengendalikan stres lewat teknik bernapas. Kalau sudah ahli kamu bahkan bisa juga lho mengendalikan nafsu makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here