Ombak Ganas sebabkan 7 hektare sawah di Tempek Babakan, Subak Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, tergenang air laut.

Ombak setinggi 3 meter menerjang sawah tersebut dikhawatirkan akan berakibat tanaman padi petani rusak hingga mati. Informasi yang dihimpun, gelombang tinggi sudah terjadi sejak Selasa (24/7) malam, dengan ketinggian hingga 3 meter. Sawah petani di Subak Sidayu, Tempek Babakan, memang berada dekat bibir pantai hingga terkena imbas diterjang ombak. Hingga Rabu kemarin, sedikitnya 7 hektare sawah masih tergenang air laut akibat ombak.

I Nyoman Mudita, selaku Perbekel Desa Takmung mengiyakan atas kondisi tersebut. Kata beliau, ombak belakangan ini memang cukup tinggi, akan tetapi Rabu kemarin ketinggian sudah mencapai 3 meter dan meluap hingga ke daerah persawahan Subak Sidayu, Tempek Babakan. Padi yang sedang tumbuh dipersawahan itu berumur 1 – 1,5 bulan, karena terendam air laut maka tananam padi itu akan mati.

Ironisnya para petani hanya tinggal menunggu hasil panen saja. Karena terendam air laut karena ombak ekstrim maka padi yang akan menguning tersebut mati, solusinya harus ditanam ulang.

Lahan pertanian di dearah Subak sekitar 10 hektare, seluas 7 hektare terendam air laut akibat ombak ekstrim. Selain itu, tanaman padi dari demplot padi dari Kodim 1610/Klungkung seluas 30 are juga turut terendam. Padahal usia tanam sudah berusia berusia 2 bulan. Para petani dan perangkar desa sekitar tidak bisa berbuat banyak karena bencana ini menyangkut faktor alam.

Di sisi lain, Ombak tinggi juga membawa pasir ke pesisir hingga menutup loloan Tukad Labak Nongan. Air yang tergenang itu sudah membentuk sebuah danau mini seluasĀ  satu hektare. Mudita meminta kepada dinas terkait untuk menurunkan alat berat untuk membuka loloan yang tertutup.

Gelombang tinggi juga terjadi di pesisir pantai lainnya termasuk Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung. Akibatnya, pelabuhan ini pada pagi hari tidak bisa dioperasikan. Sehingga para calon penumpang yang ingin menggunakan jasa pelabuhan tersebut mengurungkan diri untuk bepergian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here