Menjadi pengusaha investasi memang tak mudah, tapi kamu bisa melakukannya. Dari sekian banyak instrumen investasi, kamu bisa memilih satu atau lebih dari beberapa jenis instrumen. Tapi patut diingat, instrumen investasi ada banyak. Namun tidak semua cocok untukmu.

Kamu harus bisa menentukan instrumen mana yang cocok, baik dari karaktermu, tujuan, modal, dan masih banyak lagi. Untuk membantu memilih, kami akan ajukan beberapa instrumen yang bisa kamu pilih.

Instrumen yang Cocok untuk Pengusaha Investasi Pemula

  • Emas

Emas sangat cocok untukmu jika ingin menjadi pengusaha investasi. Alasan terbesar mengapa emas sangat digemari adalah karena emas sangat tahan terhadap inflasi. Jadi, nilai emas cenderung naik dan stabilitasnya cukup tinggi.

Soal harga, tak perlu sedih. Kamu bisa membeli emas batangan jika mampu. Jika tidak, bisa membeli dalam bentuk perhiasan. Jika masih tidak mampu, banyak platform yang menyediakan investasi emas digital dan dapat dimulai dengan uang Rp10.000 sekalipun. Tertarik?

  • Properti

Sampai hari ini, investasi di bidang properti sangat diminati sekaligus sangat populer di kalangan pengusaha investasi. Mengapa? Karena harga properti cenderung naik dan dapat mendatangkan keuntungan dengan berbagai cara.

Kamu bisa memiliki properti di wilayah yang strategis dalam beberapa bentuk seperti apartemen, perumahan, perhotelan, gedung sewa kantor, dan sebagainya. Setelah itu kamu bisa menyewakannya atau menjualnya kembali suatu saat nanti.

  • Deposito

Banyak yang mengira bahwa deposito sama halnya dengan tabungan konvensional yang ada di bank. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Deposito memang dalam bentuk tabungan di bank dengan aturan tertentu.

Deposito tidak bisa diambil setiap saat seperti halnya tabungan. Keuntungan yang didapat investor berasal dari bunga yang diberikan oleh bank. Bunga yang diberikan cukup besar dan bervariasi, biasanya sekitar 5% atau 6%. Selain bunganya yang besar, risikonya sangat minim. Kamu bisa memilih mendepositkan uangmu di bank kesayanganmu.

Itulah beberapa instrumen investasi yang bisa kamu coba jika kamu pengen jadi pengusaha investasi. Ketiganya memiliki risiko yang kecil, tapi kamu tetap harus berhati-hati dan memperhitungkan semua dengan matang. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here