Hingga saat ini kebutuhan batubara tak dapat terelakkan lagi. Batu fosil ini jadi kunci ketersediaan energi listrik di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Pasar global sendiri telah dikuasai beberapa negara penghasil batubara terbesar di dunia yang memasarkan produk batubara mereka. Lalu, mana saja negara penghasil batubara terbesar di dunia?

Daftar Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

  • China

Saat ini batubara China jadi salah satu produk dominan yang ada di pasar global. Negara Tirai Bambu itu mampu memproduksi batubara sekitar 3,6 miliar ton batu bara. Jumlah ini tentu angka yang sangat besar. Dengan produksi sebesar itu, batubara China mampu memenuhi kebutuhan batubara sebesar 47% di dunia.

  • Amerika Serikat

Amerika Serika (AS) tidak hanya jadi negara adidaya, namun juga jadi salah satu negara penghasil batubara terbesar di dunia. Negara ini mampu produksi batu bara sebesar 922 juta ton per tahun. Dengan angka tersebut batubara Amerika mampu memenihi kebutuhan dunia sebesar 13%.

  • India

Tidak hanya menjadi konsumen, India juga jadi produsen batubara terbesar ketiga di dunia. Mereka mampu produksi batubara sebesar 605 juta ton per tahun. Beberapa kabar mengatakan bahwa India memiliki cadangan batubara sebanyak 60,6 miliar ton yang belum terangkat.

  • Australia

Negara selanjutnya adalah Australia. Negara ini mampu memproduksi batubara sekitar 413 juta ton per tahun. 90% batubara yang dihasilkan diekspor ke beberapa negara. Sisanya, 10%, digunakan untuk kebutuhan domestik. Negara ini juga memiliki cadangan batubara sebesar 76,4 miliar ton. Australia juga memiliki 100 tambang swasta yang ikut memproduksi batubara ekspor.

  • Indonesia

Indonesia kerap dianggap sebagai negara kaya. Ternyata anggapan itu adalah benar adanya. Sebagai negara penghasil batubara terbesar di dunia, Indonesia mampu memproduksi batubara lebih dari 386 juta ton setiap tahunnya.

Cadangan batubara yang dimiliki Indonesia diperkirakan mencapai 5,5 miliar ton. Banyak penambang swasta yang ikut menambang batubara di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu penambang suksesnya adalah Tjandra Limanjaya. Dengan tambangnya ia membantu pasoki kebutuhan listrik di Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here