Perkembangan Garuda Wisnu Kencana (GWK) saat ini sudah mulai dalam tahap akhir. Pemasangan modul untuk bagian kepala Wisnu sedang dilangsungkan. Sedangkan pemasangan mahkota patung Wisnu akan dilakukan pada akhir Mei. Diperkirakan pemasangan modul tersebut akan selesai pada Agustus mendatang dan akan dijadikan tempat konser musik pada acara IMF World Bank internasional di Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menijau langsung pengembangan Garuda Wisnu Kencana yang ada di Tanjung Nusa Dua, Badung, Bali. Saat kunungan tersebut, Menteri Arief di dampingi Kepala Dinas pariwisata Bali AA Yuniartha Putra dan Ketua STP Bali Dewa Gde Ngurah Byomantara.

Dalam kunjungan tersebut untuk memastikan bahwa GWK dan semua saranya harus sudah siap pada Agustus 2018. Kegiatan IMF World Bank pada Oktober mendatang mungkin akan menjadi event pertama yang akan merasakan kemegahan dari patung GWK. Rencananya akan dijadikan tempat konser musik pada acara tersebut.

Nantinya GWK akan menjadi destinasi wisata unggulan di Bali serta diharapkan akan menambah daya tarik Bali di dunia internasional. Kawasan GWK merupakan kompleks taman budaya yang memiliki luas 60 hektare dan Patu Garuda dan Wisnu sebagai objek utamanya.

Tinggi patung GWK mencapai 120 meter dengan bentang sayap garuda seluas 60 meter. Patung GWK akan menjadi patung terbesar di dunia dan merupakan karya dari seniman I Nyoman Nuarta. Patung Dewa Wisnu terbuat dari campuran tembaga dan Bbaja dengan berat 4.000 ton. Jika penggabungan modul selesai maka patung tersebut akan sangat megah.

Kawasan Garuda Wisnu Kencana berlokasi di tanah kapur dan berada di ketinggian 145 meter. Dari ketinggian tersebut patung GWK dapat dilihat dari kejauhan hingga jarak 60 kilometer. Wisatawan juga dapat melihat Bali dari ketinggian. Walaupun memiliki pemandangan yang indah,namun tetap ada unsur-unsur budaya yang sangat kental di kawasa GWK.

Selain untuk menyambut IMF World Bank, Kawasan GWK juga sebelumnya sering digunakan untuk event-event internasional seperti konser dari musisi ternama dunia. Selain karena kemegahannya, GWK juga dipilih karena lokasinya yang cukup strategis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here